matic jazz / city yg datang ke bengkel saya kebanyakan nya, yg kilometer nya udah di angka 90rb Km, jd saya menyimpulkan semua keluhan cvt penyebab utamanya adalah karena mampet di filter matic.....
foto di atas adalah kotoran yg nyumbat di filter matic nya, padahal beliau selalu rutin ke bengkel resmi, misal km 40rb Km kuras / flushing
60rb km ganti oli cvtf
80rb km kuras / flushing
secara tehnik kuras atau flushing tidak bisa membersihkan filter oli karena justru yg keluar ke mesin flushing melalui filter itu sendiri jadi malah semua kotoran akan nyumbat di filter matic....
untuk mobil matic cvt ini khusus nya jazz dan city menggunakan 2 filter...
1. fiter sebelum pompa oli nya yg kemudian ke body valve dan ke CVT
2. filter setelah oli return dari radiator...
umumnya filter mampet ini anda merasakan bahwa matic nya ini dah lemot, kadang yang punya mobil tidak tau bahwa performance matic nya itu sudah berkurang, karena menurun performance matic itu perlahan atau mo nyampe ke speed 100km/jam aja susah atau rpm nya itu di angka 3500rpm... padahal biasanya speed 100km/jam itu harus nya di rpm 2500... atau kalo kita panteng di speed 80km/jam kelihatan rpm nya itu turun naik/ ngayun...
.itu udah di pastikan filter matic nya mampet dan tentu saja akibat nya akan merusak cvt dan kanvas kopling di gigi power nya... karena suplai oli buat CVT berkurang yg disebabkan oleh filter matic yang mampet....!
dengan terjadi nya banyak kasus yg mirip diatas saya menganjurkan untuk yg sudah mencapai km 80rb km di anjurkan untuk segera mengganti filter oli matic yg tentu saja sekalian kuras dengan oli baru... mudah2an belum terlambat he he he.....!
untuk yang cvt nya belum kena atau aus maka performance matic nya akan normal seperti matic baru, tarikan akan lincah kembali malah customer saya ada yang mengatakan kayak mobil baru lagi ... krn beliau maaf punya jazz nya dari baru....
untuk lebih jelas call082233429888 pin 7CEA61DD, 021-87741169
kang asef Berkah Jaya Matic
jln Tapos raya kebayunan no 35 Tapos Depok
Pak, mau dong saya bawa Jazz untuk ganti oli transmisi. Memang sdh lama ada bunyi gedak-geduk saat masuk gigi 1.
BalasHapusPak, mau dong saya bawa Jazz untuk ganti oli transmisi. Memang sdh lama ada bunyi gedak-geduk saat masuk gigi 1.
BalasHapusMakasih info nya om, sangat sangat bermanfaat
BalasHapusOm Mobil saya honda jazz 2005, kendalanya kalau Tuas digeser ke D ada seperti brebet a gitu, tapi setelah jalan suara tersebut hilang dan sudah tanya ke Beres katanya kena di flywheel nya dengan asumsi dana sekitar 3,5-4 Juta gitu, mohon bantuannya om kira-kira apa kendalanya
BalasHapusKontak dinyalakan indikator lampu D nyala dan bunyi tek tek cepat, perseneling di normal atau s ataw l lampu d tetep nyala berkedip,
BalasHapusMobil ane jazz l15a1 matic.gearbox dan oli mau hangus dan mobil ya bisa jalan maju.hanya bisa jalan mundur.ttus lampu D kedip2 terus walau sdh pindah R P N L dan S.kira2 apax yg rusak
BalasHapus