Kamis, 06 Februari 2014

indikator EPS nyala stir jazz / city berat kerendem banjir

EPS jazz dan city ini posisi sensor nya di bawah jadi kalo kena cipratan air juga kadang suka erorr apalagi dalam musim banjir ini banyak yang kerendam.... sebetul nya kalo boot stir nya masih utuh air ga bisa masuk ke system eps ini karena semua nya udah kedap air... tp mungkin karena faktor usia seal nya bisa aja bocor... maka langkah pertama kalo indikator keburu nyala mau ga mau recksteer nya harus diturunkan buka satu persatu komponen EPS nya, buka bagian dinamo dan bagian ecu EPS, kemudian keringkan......?
setelaah kering tambah sedikit grease lalu setting lagi.....

sebelum di rakit ke dudukan chamber apa salah nya kita pasang dulu semua kabel sensor nya kemudian scan computer atau ecu apabila Data trouble code nya bisa di hapus maka EPS nya akan kembali normal tp apabila DTC nya ga bisa di hapus tergantung apa yang rusak nya kalo hanya motor dinamo maka dinamo nya harus replace tapi kalo sensor EPS yang kena mending ganti gelundung he he he
untuk lebih jelas call me 081510117008. 081283087448 pin 2AED37FE, 2766B481
pak Asep Berkah Jaya Matic Tapos Depok

Selasa, 28 Januari 2014

Jazz RS lampu D nya berkedip

khusus nya mobil jazz ini yang sering di gigit tikus adalah kabel yang ke selenoid body valve.... saya juga heran kenapa kabel yang ke selenoid itu saja yang selalu di gigit...., mungkin pelindung kabel nya yang bikin merangsang untuk di gigit tikus.....hehehe...
        apabila mobil enak2 aja tapi setelah di simpan semalam, atau lebih dari dua hari trus pas pagi nya kita panasin mobil tapi lampu D nya ngedip... itu bisa dipastikan kabel yang ke selenoid valve nya terputus...
tentu saja anada akan kaget ketika tuas di pindahin ke R akan ada hentakan... atau kita pindahin ke D ada hentakan juga dan nanti perpindahan gigi nya ngaco dan kita tidak bisa menggunakan triptonik nya karena ecu nya mall function.....
        Posisi body valve nya di bawah filter... tapi kalo membuka filter Udara nya harus hati2 karena mau ga mau harus mencopot ACCU dulu setelah map sensor di cabut dulu itu juga harus hati2 karena kalo kabel nya terputus juga maka masalah lain akan muncul atau check engine nya akan melotot....
untuk lebih jelas call 081283087448. 081510117008 pin 2AED37FE , 2766B481
Berkah jaya matic pak Asep Zaenal.

Rabu, 22 Januari 2014

penanganan mobil honda jazz, city kerendem banjir

mobil city car ini kurang handal menghadapi banjir, kalo ketinggian air setengah- tiga per empat ban masih aman... tapi kalo udah satu ban mobil ini sangat riskan... karena posisi filter udara nya sejajar dengan ban, apalagi kalo mobil kita berpapasan maka air yang setinggi ban itu akan naik lagi 20-30 cm, maka dipastikan air akan terhisap intake manifold dan masuk keruang bakar... tentu saja akibatnya sangat fatal stang seher nya bisa bengkok sampai patah.... karena ga kuat memampatkan air yg masuk keruang bakar itu tadi.....
       untuk mobil yang kerendam di atas 75cm, langkah pertama mengeringkan ECU mobil, posisinya di samping laci dashboard sebelah kiri.... buka baut pengencang nya biasa nya pake konci ring pas 10...
setelah itu di keringkan semua socket di bukain trus di keringkan pake kompressor atau hair dryer....
check oli mesin dan oli matic..... kalo semua normal.... buka busi... kalo bisa semprotkan DCS engine atau anti karat (penetrasi oil) ke ruang bakar takutnya ada air yang masuk keruang bakar.... kemudian buka roda kanan depan putar perlahan baud pengencang krek as apabila macet... jangan dipaksa hubungi bengkel terdekat.........
kalo bisa diputar putar 360 derajat.... apabila normal... konci kontak di putar sampe indikator nyala...
apabila check engine mati berarti ada sikring yg putus....
apabila check engine nyala tapi melotot terus maka semua sensor matic cabut.....
test lagi.....?
apabila check engine nyala kemudian mati berarti normal...
busi masih di buka trus coba stater.... coba keringin ruang bakar sampe kering jangan ada air...
sebelum di hidupkan check dulu bensin... buka sambungan yang posisinya di bawah filter udara... tadangin pake botol aqua... coba stater sambil membersihkan ruang bakar juga mengecheck bensin yg keluar dari pompa... apabila campur air maka tangki bensin nya harus di kuras dulu....

kalo kurang jelas hubungi BJM 081283087448, 081510117008 pin 2AED37FE

Selasa, 31 Desember 2013

Malem Tahun Baru 2014 VS Sensor Oksigen

malem tahun baru 2014 saya dikerjain sama jazz dengan masalah sensor HO, mobil ini awal nya kadang suka loss Power.....  mundur nanjak ga kuat kadang ngelitik setelah di check ternyata DTC nya Heater S2 mall function....
setelah replace dengan yang baru tapi KW, normal... tapi setelah setengah jam check engine nyala lagi.... mobil brebed lagi... setelah di scan ternyata sensor oksigen nya jebol lagi.... setelah di pelajari ternyata kabel sensor nya ada 4, yang 2 masa yg satu nya buat heater dan yang satunya lagi buat laporan hasil panas dari pembakaran sehingga ECM memerintahkan ke injektor untuk mengeluarkan bensin..... jd kalo sensor ini bermasalah maka mbl ga ada tenaga, bensin boros dan driving ga smooth...
karena ga ada lagi sensor maka akhirnya saya coba cari ke gudang untuk nyari sensor bekas kebetulan ada bekas toyota, maka saya coba sambung aja dengan socket asli nya.... tp harus hati2 ketika solder...
karena untuk kabel heater jangan kebalik dengan kabel data......
setelah di scan test jalan ke pintu tol cimanggis... eh pulang nya nyala lagi check engine....! karena bawa alat scan langsung di scan lagi... ternyata errornya pindah ke sensor S1... heater mall function, trus jangan dulu di hapus DTC nya kita lihat di data stream... maka akan terlihat heater nya off...
kalo begitu jelas heater sensor 1 lemah....
akhirnya saya cari lagi ke gudang untung masih ada satu lagi hanya beda socket... kita solder , pasang akhirnya jreng...
malem taun baru akhirnya sama jazz aja.....
hahahahaha.....

Senin, 18 November 2013

Kesalahan umum tune up jazz

sebagaimana kita tahu di pasaran kini berbagai cairan pembersih atau carbon cleaner untuk membersihkan kotoran yg menempel di throtle atau saluran idle yang memang kotor apalagi apabila kita kurang rajin membersih kan filter udara atau jarang ganti....?
sayang nya khusus di throtle jazz ini di lengkapi carbon yang fungsi nya untuk menutup celah di saat posisi skip gas idle.... yang tentu saja akan terlepas juga apabila kita membersihkan dengan carburator cleaner...
dampak nya memang sedikit aja tapi sangat terasa pada waktu macet2an saat di rem posisi tuas D dan AC on.... mobil ga smooth kadang rpm ngedrop...
solusi nya kita harus set ulang skip gas tapi harus akurat jadi skip harus tertutup rapat tapi pas accelerasi ga boleh nyangkut di skip nya...
kesalahan kedua kita suka menyepelekan filter bensin.....
ketiga koil tidak di bersih kan....
   kenapa koil, throtle dan filter bensin harus optimal...?
mobil jazz ini sudah di lengkapi dengan sensor HO ug tugas nya melaporkan hasil pembakaran ke ECU. jadi apabila suplai bensin nya kurang dari 3,5bar untuk presur nya yang disebabkan oleh filter yang tersumbat atau koil nya kotor sehingga api di busi nya kurang maka ECU akan menugaskan injector untuk memperbanyak bensin atau memperkecil bensin supaya gas buang nya tidak beracun yg tentu saja akan ini sangat mengganggu performance mobil anda... jadi boros tapi lemmmot..... hehehehe...

untuk lebih jelas call 081510117008, 081283087448, 087884252288 pin 2AED37FE, 2766B481
kang asef Berkah Jaya Matic
jln Tapos raya kebayunan no 35 Tapos Depok

Minggu, 29 September 2013

service CVT matic jazz dan city

matic cvt ini umum nya rusak di angka 200rb Km. tapi banyak faktor penyebab lain seperti cara pemakaian matic, ukuran ban atau velg besar , atau kesalahan oli dan telat ganti oli....
karena cvt ini ada pulley dan belt baja umum nya keruksakan ada di fanbelt nya apalagi salah oli maka belt baja nya kendor maka terjadilah slyp atau gredeg....
untuk solusi nya memang agak susah karena part CVT ini 1 set dan mahal kalo baru sekitar 18jt....


mobil ini udah di service cvt nya dengan biaya sekitar 5.5jt di bengkel daerah jaktim, tp hasil nya nol besar
akhirnya di bengkel saya ganti transmisi copotan tp kondisinya masih gress alhamdulillah bagus, pengerjaan sekitar 6-8jam
hasilnya memuaskan mobil kembali normal, tidak ada gredeg ataupun ndut2 ketika gas di bejek dan mundur juga normal...

untuk lebih jelas call 081510117008, 081283087448, 087884252288 pin 2AED37FE,  2766B481
kang asef Berkah Jaya Matic
jln Tapos raya kebayunan no 35 Tapos Depok

Senin, 29 Juli 2013

jazz siap mudik

seperti lebaran tahun lalu sepertinya filter bensin harus di perhatikan karena dalam bulan ini aja ada 10 mobil jazz mogok karena filter mampet... harga cukup murah sekitar 300rb tapi dampak nya cukup signifikan.....
hal kedua adalah Radiator.........
memang untuk mengecheck nya harus pake scanner, karena indikator di dashboard nya..... tidak ada hanya dingin dan panas aja....
apabila pake scaner nanti keliatan temperatur nya dimana pada temperatur 95derajat celcius fan radiator nyala sampe temperatur turun ke 90derajat...
apabila sudah ada kelainan misal temperatur naik terus sampe 118 derajat atau sampe indikator di dashboard nyala.... maka mau ga mau harus turun radiator ( service) atau harus ganti..
rem check
tekanan angin check normal depan 32 belakang 30
muatan full depan 34 belakang 34.