hampir semua menyangka kalau pindah ke gigi mundur dan AC lagi hidup... kemudian terdengar bunyi kayak gigi telat masuk dan ada bunyi yg kasar adalah engine mounting rusak atau matic nya masalah... padahal belum tentu. matic..
karena kalau kita perhatikan waktu kita hidupkan Ac rpm yg biasanya 800 itu turun dulu ke 600 kemudian ke 750 dan kalau kita pindahkan ke gigi mundur atau R itu rpm nya anjlok lagi karena kerendahan rpm itulah matic jadi telat masuk dan karena presure oli jadi kurang maka akan terdengar bunyi yg kasar....
langkah atau prosedure yg harus dilakukan
1 check koil ..... apabila di pinggiran koil ada keputih2an di kondom koil ada kemungkina koil bocor jadi bisa di service atau replace
2. check busi...busi nya juga kalau udah kadaluarsa atau ga tau sejarah nya mending ganti untuk idsi kalau ngk pake BKR6ES kalo vtech pake NGK ZFR6EF11
3.bongkar throtle.... untuk cuci throhtle lebih bagus bersihin nya pake bensin krn kalo pake carb clean carbon yg ada di skip gas dan body throtle nya akan habis...
4.cuci body valve selenoid.... supaya perpindahan lebih smooth lebih bagus bongkar
5..reset Ecu.... setelah smua dipasang kembali pasang scan dan langsung ajust motor throtle. tahan di rpm 3000 tahan selama 30 detik kemudian lepas gas (posisi P) dan mobil anda akan normal kembali...
untuk lebih jelas call 081510117008, 081283087448, 087884252288 pin 2AED37FE
kang asef Berkah Jaya Matic
jln Tapos raya kebayunan no 35 Tapos Depok
Bos,
BalasHapusMobil saya mengalami gejala persis seperti itu, plus tarikan mobil juga memble (masalah koil?). Btw, untuk servis kira2 berapa lama dan bajetnya berapa ya?.
lama pengerjaan +/- 2jam
Hapusjasa 200rb
kalo mau paket tune up aja
cuci/ganti filter bensin
cuci throtle
cuci idle speed control
cuci body valve
service koil
jasa total 500rb
tambah filter bensin 300rb jd 800rb
untuk oli disarankan yg sudah Api SM
untuk koil biaya servis nya 200rb aja....
BalasHapuslama pengerjaan 1/2 jam... he he
pagi, kalau mau nguras oli cvt brp ya? lalu ada sedikit masalah di maticnya, kalau di R mau mundur selalu bunyi "sssttt" masalahnya apa ya? thanks
BalasHapusmasalah bunyi mundur itu laher bambu nya tapi harus overhole
Hapuskalo mau skalian paket filter matic
2 gln oli Cvtf 700rb
2 pcs filter matic 700rb
jasa turun matic/overhole 800rb
jumlah 2.2jt
lumayan sich tapi itu termasuk maintenance CVT
dengan ganti filter matic maka suplay oli ke CVT tidak kurang dan CVT nya aman gak akan slyp....!
Later bambu bisa diganti.kah.hr minggu buka?
Hapusjumat tututp nya jd minggu buka gan......!
BalasHapusada no wa gak bang
HapusSalam .saya punya jazz vtec matic 2006.pada saat pindah dari N ke D atw P pada saat rem dibuka perlahan mobil bergetar dan tersendat.masalahnya apaya??maksi untuk infonya
BalasHapusbergetar banyak faktor bisa engine mounting bisa iacv, tapi sebetul nya mobil ini harus sempurna dari mulai bensin, api dan udara skaligus bodyvalve sebagai eksekutor atau pelaksana lapangan nya harus clean, jadi di bengkel saya itu sudah jadi standar tune up plus he he he.....
BalasHapusMakasi mas u informasinya ,klo dkt pasti saya parking ke bengkel mas,tp saya jauuuhh disebrang.informasi berharga banget mas
Hapustadi ada jazz th 2005 biasa penyakit nya mundur ngedrop setelah koil di service lumayan power nambah, tp mundur masih ngedrop tp setelah TPS nya di naikin 0,51 V, trus di kalibrasi ulang lumayan ga ngedrop lagi dan mundur nya sudah sembuh he he he
BalasHapusselamat mencoba......!
Om saya kasusnya seperti ini. biaya diperlukan berapa kira2 om..?
HapusSalam.. Mau tanya saya udh tune up trs engine mounting udh ganti juga, tp kalau dari N ke D apalagi ke R mesin sebelah kiri suka bunyi dan suka ada bunyi seperti suara slek kalo langsung ngegas, kira" apanya ya? Trs untuk biaya brp? Trima lasih sblmnya
BalasHapusSalam.. Mau tanya saya udh tune up trs engine mounting udh ganti juga, tp kalau dari N ke D apalagi ke R mesin sebelah kiri suka bunyi dan suka ada bunyi seperti suara slek kalo langsung ngegas, kira" apanya ya? Trs untuk biaya brp? Trima lasih sblmnya
BalasHapusSiang pak....saya punya jazz vitech matic 2007... Masalah nya, kalo diposisi R (mundur), sering bunyi gerrrrr gitu dari mesin....tp di posisi R aja...hilang timbul bunyinya...apalagi kalo AC hidup...kedengaran sekali bunyinya...kira kira apanya itu pak...
BalasHapusPak..saya punya jazz idsi 2006..masalahnya kalo diposisi R (Mundur) dan mesin mesin masih dingin ada bunyi grrrr dan kadang meyentak..terus kalo mesin dingin engine indikatornya menyala kadang kalo ac menyala juga kalo mesin belum panas..kira - kira apanya ya pak?
BalasHapusPak asep terima kasih sekali jazz saya udah solve problemnya...waktu kemarin kesana , buat temen temen sekalian begini ceritanya :
BalasHapuskalau mundur kondisi AC nyala mobil getar, gigi seperti telat masuk sudah dibawa kebengkel yang lain dibilang kompresor ac nya berat harus ganti, throttle body nya dah jelek, ada juga yang bilang Jazz wajar kalau begitu.
tapi setelah saya bawa ke pak asep..solve dan nga ada spare part yang diganti sama sekali. dan yang jelas sangat tidak menguras kantong.
thanks
diapain pak koko? servis koil? atau paket tune up itu? kena biaya berapa donk jadinya? :)
HapusMohon infonya..alamat bengkel pak asep di bandungkah ??
HapusMau tanya donk. masalah mobil jazz matic sy idsi thn 2004. 4thn terakhir jarang pake sabtu-minggu aja.
BalasHapusKM sdh 90rb. problem awal dari bunyi "sing-sing-sing" di area kompressor ac dan van belt.
sy sdh ganti baru van-belt diatrium senen dan sudah hilang bunyinya. besoknya saya pake ke bandung, penyakit lain muncul. yaitu bunyi getar "grekgrekgrekgrek dst" di bawah mesin persis di bawah van belt dan kompressor ac.
cuma kalo saya pake jarak nya jauh banget, bunyi nya gak kedengeran lagi. pas dingin lagi eh kumat lagi.
sdh sy coba kencangin van-beltnya di bengkel, sama aja msh bunyi jg.
sy sdh coba tanya ke tukang ac, katanya Ac-nya gak masalah. pulley ac kalo mslh gak perlu masuk gigi. karena kalo masuk gigi "D" baru bunyi grek-grek keluar.
nah kalo ac di off kan, suara halus kembali. kata tukang ac mungkin engine mountingnya.
Mohon sarannya donk. saya sdh frustasi, dari bengkel ke bengkel gak beres2.
di 90rb baru ganti oli matic jg, sama van belt. tiap 10rb sy ganti oli matic.
setiap 5rb saya ganti oli mesin.
ini pin bb saya 29ea5fc5.
Mohon bantuannya.
robby.
kalideres
jak-bar.
Akhirnya ketemu juga Bengkel specialist untuk Jazz/Fit. Semoga masalah jazz (idsi/AT) saya dapat teratasi disini. Amin
BalasHapusSalam
Hadi
Kebagusan, Jak-Sel
Mau tanya saya pakai Honda Freed, Pindah dari N ke R suka ada suara, untuk pindah ke yang lain tidak ada suara.
BalasHapusmau tanya gan,, saya pakai jazz 2006 idsi matic,,, untuk velg saya pakai velg racing ring 17,, itu msalah gak gan?
BalasHapusPak sy pny jazz idsi matic 2005. Masalahnya klu D normal. Tp klu R ga bisa naik ga nya? Masalah apa ya? Makasih
BalasHapusPak saya punya jazz v-tech 2007, awalnya kehujanan trus saya cuci, waktu mau masuk garasi pindah dari gigi N ke D itu bunyi "kkreeeekkk" trus kurang respon pak jalannya kayak ketahan rem, dari N ke R juga bunyi "krreeekk" gitu pak , itu stolong pertolongaannya kenapa ya pak :) mohon bantuaanya
BalasHapusJazz saya i-DSI thn 2004. Tiap pindah N ke D di jalan nanjak, selalu ada bunyi "geduk". Waktu saya liatin sambil buka kap mobil, itu blok matic kok bergerak ya? Bagaimana reparasinya dan berapa biayanya?
BalasHapusmau tanya mas kalau ganti engine mounting kena berapa ya... dan jasanya ?
BalasHapusbagi donk infonya mas, mobil sy jazz tahun 2007 kl meter 86.678 pada saat ini ada bunyi krek-krek pada saat posisi D dan lambat mau maju,, itu ada masalah dimana mas,,, bg infonya donk
BalasHapusJika saat pindah tuas dr n ke d atau ke p rpm mobil drop atau mungkin bahkan mesin sptnya mau mati / spt telat masuk gigi terutama saat ac dihidupkan coba cek setelan setelan idle gas yg mana posisinya di samping bagian filter udara..mobil saya honda city jg mengalami hal yg sama dan setelah saya steel jdinya normal..jika rpm drop atau msin agak getar saat dr n ke d tp mesin tidak ada bunyi *grekkk* itu masih bs di bilang normal karna rpm akan turun di 750 jika ac di hidupkan..
BalasHapusMaaf om..Mau tanya,sy ada priblem di honda city vtech a/t 2004..masalahnya yaitu,ketika mob dihidupkan di posisi P atau N..Mesin suaranya Halus..Tapi ketika di pindah ke D S L R,itu ada bunyi di bagian mesin depan dekat aki,bunyinya itu Greeekkk lalu di pake jalan sepeti meraum suaranya,mengIkuti suara mesin,agak risih suaranya..Mohon infonya om bos..Thx yaa
BalasHapusMaaf om..Mau tanya,sy ada priblem di honda city vtech a/t 2004..masalahnya yaitu,ketika mob dihidupkan di posisi P atau N..Mesin suaranya Halus..Tapi ketika di pindah ke D S L R,itu ada bunyi di bagian mesin depan dekat aki,bunyinya itu Greeekkk lalu di pake jalan sepeti meraum suaranya,mengIkuti suara mesin,agak risih suaranya..Mohon infonya om bos..Thx yaa
BalasHapusMau nanya pak jazz saya idsi matic 2004 masalah pertama jika di posisi L djln tanjakan ada bunyi gleduk dan kayak ada gesekan gitu. Setelah di ganti oli transmisi dan dibersihin thortle body lalu dikalibrasi ulg oleh bengkel resmi eehhh kok sekarang gigi d dan s juga jadi serupa. Masalahnya apa ada di transmisinya atau dmn ya pak? Terus kalau dimasukin gigi dari p ke r ataupun d ada bunyi ssssrrr dari transmisinya dan kalau lagi mundur kadang lose power/gak kayak netral nanti di gas baru bisa mundur. Mohon pencerahannya
BalasHapusBos, Mobil honda jazz saya kendalanya persis dengan keterangan bos di atas...rencana saya mau bawa ke bengkel bos,,,bianya kira2 berapa? bengkel buka hari sabtu / minggu jam berapa bos? thxs.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuspermisi gan, mohon info berapa nilai rpm pada saat idle gas, trims.
BalasHapusOM mau tanya mobil jass idsi matic tidak mau jalan sama sekali,sudah diganti gearboxnya bisa jalan tapi digigi tertentu dia kyak ngunci dk mau berpindah gigi secara otomatis.terus dicoba di R tidak bisa mundur,kira2 apanya lagi ya bos?
BalasHapusBoss mo tanya dong, mobil saya Honda Jazz tahun 2007 Km. 73.369 pada saat ini ada bunyi Gggrrr pada saat posisi D dan lambat mau maju terutama pada saat ditanjakan dan melewati polisi tidur, itu ada masalah dimana ya Boss. Trus yg hrs diperbaiki bagian apa aja ya? Kira2 biayanya brapa?
BalasHapusOm narasi nya mirip banget dengan mobil saya jazz tahun 2006..solusinya gimana ya om..sy konsultasi dgn bngkel matic katanya flywheelnya/gigi gila..itu lebih jitunya lagi mobil saya harus ganti apanya om..saat tuas di R bunyi gigi yg telat..ngorok.."groook".. trus pas sy tuas k D ..ada sdkit kasar gak lembut lagi...tolong om info kan..sy dri PURWAKARTA
BalasHapusJazz vtec 2007 saya di rpm rendah suka tersendat dan brebet, setelah busi saya bersihkan brebet hilang tp tersendatnya masih ada. Apa engine mounting sebelah kiri berpengaruh?? Mohon pencerahan
BalasHapusOiya mobil sy matic
BalasHapusOm sya mau tanya jazz idsi sya klw rmp tinggi ga ada tenaganya trus bunyi ngeritik apanya yh om?
BalasHapusTrus kira" biaya servic y brp om?
Bos matic cvt jazz idsi 07.seglondong berapa.txs
BalasHapusSelamat malam,
BalasHapusmobil saya city Vtec AT 2007, Penyakitnya mesin geter setelah transmisi masuk ke P tapi penyakit ini keluar pas pagi hari saja.
Selanjutnya, pada saat jalan posisi transmisi di D, RPM akan turun ke 400 pada saat berenti.
apa ada solusinya om?
mohon di infokan nomer HP yang bisa dihubungi
Terimakasih.
Kalo dbali adakah referensi bengkel yg terpercaya untuk mobilhonda city vtec matic keluaran 2005..tris
BalasHapus